6 Tokoh Penemu Alat Komunikasi

1.TELEGRAM

 Penemu Alat Komunikasi Telegram, Samuel Finley Breese Morse 1837



                                           penemu alat komunikasi telegram
Telegram merupakan alat komunikasi untuk mengirimkan pesan jarak jauh berkode menggunakan kabel dengan listrik.


Penemu Mesin Fax, Alexander Bain 1843

penemu alat komunikasi mesin fax


Mesin Fax atau biasa disebut Faks adalah sebuah alat komunikasi yang digunakan untuk mengirim dokumen menggunakan kabel telepon yang kemudian akan dicetak menjadi sama dengan aslinya. Mesin fak pengirim akan men-scanning dokumen dan mengirim pesan, sedangkan mesin fax penerima akan menerima pesan dan menyetak dokumen tersebut.


 Penemu Telepon, Antonio Meucci 1849 (versi baru 2002)

Penemu alat komunikasi Telepon Antonio Meucci
Telepon merupakan alat komunikasi yang biasa dipakai untuk berbcakap-cakap antara dua orang yang berada di tempat yang berjuahan. Bagi manusia di zaman sekarang sangatlah penting untuk memiliki telepon hampir setiap orang di muka bumi ini sudah mempunyai telepon pribadi. Tapi, banyak juga yang belum tahu siapa yang pertama kali menemukan telepon.


Penemu Radio, Guglielmo Marconi 1896

Penemu alat komunikasi Radio, Guglielmo Marconi
Radio merupakan alat komunikasi tanpa kabel yang pertama kali ditemukan. Dengan menggunakan radio kita dapat mengirim suara atau bunyi melalui udara tanpa meggunakan kabel. Sekarang radio dapat ditemukan dengan mudah di dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan radio kita bisa mendengarkan musik, berita, informasi, lowongan kerja dan penagajian-pengajian yang biasa disiarkan melalui radio.


Penemu Telepon, Alexander Graham Bell 1876 (versi lama)

Penemu alat komunikasi Telepon Alexander Graham Bell
Kita telah lama mengenal bahwa Alexander Graham Bell merupakan seorang penemu alat komunikasi telepon pertama kali. Tapi, seperti yang telah jelaskan sebelumnya bahwa sebenarnya telepon pertama kali ditemukan oleh Antonio Meucci pada tahun 1849. Alexander Graham Bell sebenarnya hanya mencuri model telepon milik Meucci, yang akhirnya menyebabkan keduanya bermusuhan.
Alexander Graham Bell lahir di Edinburg, Skotlandia pada tahun 1847. Ayahnya adalah seorang yang ahli di dalam fisiologi vokal, yang bekerja memperbaiki cara berpidato orang-orang dan juga mengajar orang-orang tuli. Karena profesi ayanhnya itulah Bell kemudian tertarik dengan teknologi untuk mempoduksi suara.
Pada tahun 1877, setelah mendapatkan hal paten atas penemuan telepon, dia bersama kawan-kawannya mendirikan perusahaan American Telephone and Telegraph Company (AT & T). Dari situ penggunaan telepon semakin tersebar luas dan mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan Bell.
Setelah sukses mengembangkan telepon dan menjadi kaya raya, Bell tidak berhenti meneruskan penelitiannya untuk terus membuat berbagai macam alat dengan tujuan mulia untuk menolong orang-orang tuli.


 Penemu Televisi, John Logie Baird 1927

Penemu alat komunikasi Televisi John Logie Baird
Televisi merupakan alat komunikasi yang digunakan menyampaikan informasi visual pada jarak yang jauh. Sekarang ini televisi telah menjadi sebuah benda yang dimiliki oleh setiap rumah di Indonesia. Selain sebagai media informasi, televisi juga digunakan sebagai media hiburan yang membuatnya semakin diminati oleh setiap orang.

Komentar

Postingan Populer