JENIS-JENIS TIPE DATA TEKSTRUKTUR

Jenis-jenis Tipe Data Terstruktur
Disetiap pemrograman terstruktur pasti menggunakan tipe data terstruktur dalam hal membuat sebuah program/aplikasi. Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu pemrograman terstruktuk itu apasih ? Jadi, pemrograman terstruktur merupakan suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program dan tersususn berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami.
Tipe data terstruktur adalah tipe data yang dapat digunakan untuk menampung lebih dari satu tipe data dalam variabel sehingga mudah saling berhubungan dan dapat disusun dalam satu struktur. Dalam tipe data struktur setiap perubah bisa menyimpan lebih dari sebuah nilai data. Jenis-jenis dalam tipe data terstruktur diantaranya :
  • Array/Larik
Array/larik merupakan jenis data yang mempunyai tipe data yang sama dan mempunyai nama variable yang sama. Array dipanggil berdasarkan indeksnya. Indeks array dalam bahasa C dimulai dari nol. Array berdasarkan banyaknya indeks dapat dibagi menjadi satu dimensi, dua dimensi dan  multi dimensi. Penggunaan array sangat membantu dalam menghemat pamakaian variable. Penulisan Array komponen dalam larik dinyatakan sebagai nomor index. Bentuk umum :
Type pengenal = array [tipe index] of tipe;
dimana :
– Pengenal : nama tipe data
– Tipe index : tipe data untuk nomor index
– Tipe : tipe data komponen
Contoh Array :
Parameter tipe index menentukan banyaknya komponen larik tersebut. Tipe index boleh berupa sembarang tipe ordinal kecuali longint dan sub jangkauan dari longint. Contoh deklarasi data larik :
Type vek=array[1..100] of integer;
Deklarasi diatas berarti Vek adalah tipe data yang berupa larik yang komponennya bertipe integer dan banyaknya 100 buah. Deklarasi yang demikian disebut deklarasi larik dimensi satu (vektor). Jika tipe komponen juga berupa sebuah larik lain, akan kita peroleh larik dimensi banyak. Contoh :
Type matrik =array [1..100 ,1..50]  of real;
  • Record
Digunakan untuk penyimpanan suatu kelompok data dengan tipe data yang berbeda-beda.
Contoh Record
type data=record
nama:string;
tanggal,bulan,tahun: integer;
end;
var siswa : data;
{jika siswanya banyak digunakan array}
var siswa :array[1..100] of data;
  • Set
Sebuah set merupakan suatu himpunan yang berisi nilai (anggota). Set merupakan Tipe data yang khusus untuk Pascal. Set dalam pemrograman sangat mirip dengan himpunan dalam ilmu matematik.
Contoh: A={ 1, 2, 3, 4, 5 }
Sintax: set of
Contoh:
type Angka = set of 0..9;
Huruf = set of ‘A’..’Z’;
Hari = (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu, Minggu);
SetHuruf = set of Huruf;
SetHari = set of Hari;
const Genap: Angka = [0, 2, 4, 6, 8];
Vokal: Huruf = [‘A’, ‘E’, ‘I’, ‘O’, ‘U’, ‘Y’];
Kita tidak bisa menulis atau membaca isi dari set, tetapi kita bisa melakukan operasi yang lain dengan data yang ada pada set (mis. relasional).
Contoh:
Program contoh_set;
type hari = (ahad, sen, sel, rab, kam,jum, Sab);
var semua_hari : set of hari;
hari_kerja : set of sen .. jum;
hari_ini : hari;
begin hari_ini:=sen;
if hari_ini in hari_kerja then writeln(‘ HARI KERJA’) else writeln(‘HARI LIBUR’);
end.
  • File
  1. File teks
File teks merupakan file yang berisi karakter yang dibentuk dalam baris-baris dan masing-masing baris dengan end-of-line marker berupa karakter carriage return dan karakter line feed (CR/LF). Sedangkan akhir dari file ditunjukkan dengan karakter Ctrl-Z. Panjang dari tiap-tiap baris dari file teks dapat berbeda-beda, sehingga posisi dari suatu baris tertentu dari file teks tidak dapat dihutung dan akibatnya file tekas hanya dapat diakses secara urut. File teks sebenarnya merupakan file dengan tipe Char, tetapi mempunyai perbedaan, yaitu nilai yang bukan tipe Char dapat direkam dan dibaca oleh file teks. Nilai yang bukan tipe Char ini akan secara otomatis dirubah ke atau dari tipe Char.
Deklarasi
var variabelFile : Text;
begin … end.
  1. File bertipe
Berbeda dengan file teks yang hanya dapat diakses secara urut, file bertipe (typed file) disamping dapat juga diakses secara urut (sequential access), dapat juga dikases secara acak (random access). Ini berarti komponen-komponen di dalam file bertipe dapat dibaca atau direkam dari manapun di dalam file.TtipeData dapat berupa integer, real, char, string, array, record, dan sebagainya. Dalam file bertipe, kita dapat menambahkan variabel terdefinisi dalam unit standard System untuk menentukan kode akses file bertipe. Adapun kode aksesnya adalah: 0 – read only 1 – write only 2 – read/write (default) Deklarasi :
var fileData : File of tipeData;
begin … end.
  1. File tak bertipe
File tak bertipe (untyped file) adalah channel I/O (Input/Output) level rendah (low level I/O channel) yang digunakan untuk mengakses langsung suatu file di disk tidak peduli bagaimana tipe dan strukturnya. Karena file tak bertipe tidak memandang tipe dan struktur filenya, maka file tak bertipe ini sifatnya kompatibel dengan file apapun dan tepat digunakan untuk operasi-operasi mengecek keberadaan suatu file di dalam disk, menghapus suatu file, mengganti nama dari suatu file, menyalin suatu file, dan operasi-operasi lainnya yang tidak langsung melibatkan operasi I/O. Prosedur dan fungsi standard yang dapat digunakan di file bertipe dapat juga digunakan di file tak bertipe, kecuali prosedur standard Read dan Write yang diganti dengan prosedur standard BlockRead dan BlockWrite. Kedua prosedur ini digunakan untuk transfer data dengan kecepatan tinggi.

Komentar

Postingan Populer